Link Diskusi Tentang BOK

Oleh : pada 30 January 2012

Dalam rangka memperlancar proses diskusi tentang BOK, kami harapkan bagi Saudara yang ingin memberikan pertanyaan, tanggapan ataupun kritik tentang BOK dapat bergabung di : http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimaksih.


131 tanggapan pada “Link Diskusi Tentang BOK

  • Basuki Kartono

    Assalamu’alaikum
    Pada Jejaring Komunikasi semua link di dalam Ruang Diskusi Kedinasan tdk dpt diakses yg muncul hanya : /site/www/jejaring/framework/db/ar/CActiveRecord.php(129, mohon segera diperbaiki agar dapat digunakan sebagai media konsultasi, Trims

  • Administrator

    terimakasih atas masukannya pak, akan segera kami tindak lanjuti, semoga bisa teratasi secepatnya.

  • I KETUT JAYA

    Yth: Pengelola BOK Pusat
    Saya tanya ,kenapa sampai saat ini belum ada aplikasi yang baru untuk enntry DIPA TA 2012 ? Aplikasi SAKPA 2011 yang dikonfersi tidak bisa untuk melakukan Rekon dengan KPPN.
    Terima kasih

  • rasikin

    Semoga BOK dapat dirasakan oleh masyarakat dengan meningkatnya kegiatan puskesmas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, jadi pengelola BOK Dinkes selain monitoring dan evaluasi keuangan juga penting memonitoring dan evaluasi programnya.

  • budi

    Assalamu’alaikum.
    Sejauh pengalaman saya di Puskesmas, pengelolaan dana BOK terdapat banyak perbedaan. Penggunaan dana BOK hampir semuanya adalah untuk transport petugas kesehatan di lapangan. dengan demikian, kegiatan yang dapat di spj-kan hanya kegiatan di luar gedung, termasuk kegiatan-kegiatan rutin yang sudah biasa dilakukan. Setelah dana BOK turun, timbul masalah dalam hal pembagian dana. Di sini banyak terjadi perbedaan antara satu puskesmas dengan puskesmas yang lain. Ada puskesmas yang mengambil kebijakan untuk membagi dana BOK ke semua karyawan, dengan porsi sesuai dengan beban kerja dan tanggungjawab masing-masing petugas. Namun, banyak juga puskesmas yang membagi dana BOK tersebut, sebagian besar dibagi pihak manajemen dan petugas pelaksana, sehingga sebagian karyawan yang jarang atau tidak pernah tugas di lapangan, hanya menjadi penontong dan tidak mendapat bagian, kalau pun toh mendapat bagian, jumlahnya sangat timpang. Padahal, petugas medis yang tidak pernah atau jarang dinas luar, juga memiliki peran yang tidak kalah penting di puskemas. Petugas kesehatan yang “tersisihkan” antara lain: petugas di BP (dokter fungsional, perawat BP, dokter gigi); petugas di pendaftaran, petugas di loket obat, petugas di laboratorium, petugas di bangsal rawat inap. Sebagai contoh, di suatu puskesmas seorang dokter gigi, dokter umum, perawat di bangsal rawat inap, petugas laborat, sama sekali tidak mendapat pembagian dana BOK, di sisi lain, ada petugas kesehatan lain yang mendapat bagian dalam jumlah besar (petugas kesling sd 4 juta rupiah, para bidan sampai angka jutaan rupiah), dan seterusnya. sedang di puskesmas lain, dokter fungsional ada juga yang mendapat pembagian dana sebesar 2 jt.
    Yang menjadi pertanyaan saya, apakah sisitem seperti ini adil? lebih jauh lagi, menurut saya malah dapat merusak dan meracuni mental para tenaga kesehatan, yang pada akhirnya merugikan negara dan pemerintahan. Kekhawatiran saya adalah jika suatu saat tidak ada dana BOS, apakah semangat para tenaga kesehatan akan tetap terjaga? Atau malah keberadaan dana BOK dapat merusak semangat dan mental para tenaga kesehatan yang jarang atau bahkan tidak pernah dinas luar, karena kerja keras di dalam gedung tidak mendapar reward seperti tenaga kesehatan yang tugas di luar gedung? Sekiranya, akan sangat baik dan bijak jika juknis penggunaan dana BOK juga memungkinkan petugas kesehatan yang kesehariannya di dalam gedung untuk dapat mengaksesnya. Atau ada pedoman dari dinas kesehatan tentang pembagian dana BOK, agar tidak terjadi kesenjangan antara petugas kesehatan yang bertugas di luar gedung dengan yang bertugas di dalam gedung, serta untuk menghindari perbedaan sistem pembagian antara satu puskesmas dengan puskesmas yang lain.
    Demikian uneg2 ini saya sampaikan, semoga mendapat tanggapan yang positif. terimakasih.

  • Mohamad_Sugiyono@yahoo.com

    Apakah perjalanan yang dilakaukan Puskesmas di Luar Gedung yang Sifatnya Promotif dan Preventif itu termasuk perjalanan dinas atau perjalanan tugas,bisa dijelaskan definisi perjalanan dinas….terima kasih

    • Administrator

      perjalanan dinas=perjalanan tugas

  • Mohamad_Sugiyono@yahoo.com

    Apakah perjalanan yang dilakaukan Puskesmas di Luar Gedung yang Sifatnya Promotif dan Preventif itu termasuk perjalanan dinas atau perjalanan tugas,bisa dijelaskan definisi perjalanan Tugas….terima kasih

    • Administrator

      perjalanan dinas=perjalanan tugas, sama-sama memerlukan surat tugas.

  • Mohamad_Sugiyono@yahoo.com

    Untuk Pertanggungjawaban Transport Kegiatan Luar Gedung yang sifatnya Promotif dan Preventif yang dilakuakan oleh Puskesmas (tidak Menginap)tidak menggunakan SPPD,bagaimana menentukan besaran transport,apakan berdasarkan peraturan daerah atau pernyataan riil…?

    • Administrator

      besaran satuan biaya pemanfaatan dana BOK mengacu pada standard biaya tahun 2012 dan apabila tidak ada didalam standarbiaya maka dapat menggunakan:
      1. besaran satuan biaya sesuai dengan kebutuhan riil (at cost) atau
      2. Mengacu pada POA yang ditandatangani KPA dan membuat surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM)
      (sumber tata cara penyelenggaraan administrasi keuangan BOK tahun 2012) hal 40

      untuk diskusi lbih lanjut tentang bOK bisa bergabubg di http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring

  • Mohamad_Sugiyono

    Apabila keputusan dinas kabupaten menggunakan besaran satuan biaya riil dalam pelaksanaan kegiatan luar gedung yang sifatnya promotif dan preventif yang dilakukan oleh Puskesmas(Tidak Menginap),sementara kegiatan luar gedung yang (tidak menginap )tidak diperlukan SPPD,apa yang bisa di jadikan dasar dalam pembuatan surat pernyataan riil….?
    Sementara pada daftar pengeluaran riil lampiran 6 redaksinya tertulis Berdasarkan Perintah perjalanan Dinas(SPPD) tanggal……No…(Surat Tugas)

  • Mohamad_Sugiyono

    untu format kuitansi yang menggunakan akun 526115 :
    1. untuk kuitansi pembelian pada lampiran 10…Siapa yang tanda tangan di bawah Barang tersebut telah di terima dengan baik…sementara yang di tunjuk dalam pengelolaan BOK di Puskesmas (kepala Puskesmas dan pengelola keuangan). dan dilampiran tersebut tidak ada penjelasannya siapa yang berhak tanda tangan
    2. kuitansi transport petugas menggunakan kuitansi yang mana untuk Puskesmas kalau kita kembali ke akun 526115 ….?

  • Holiya

    Bila ada pertemuan sosialisasi antar puskesmas dan dinas apakah memakai sppd kadis atau hanya SPT dari dari kadis atau dari ka.puskes

  • dinkes inhil

    bagaimana cara utk bergabung dlam http://www.gizi.depkes.go.id/jejaring/site sy coba koq dak kebuka,…
    , sy ingin bertanya mekanisme pembayaran utk BOK Puskesmas apakah LS atau UP/GU mohon petunjuknya,kl LS apakah puskesmas harus membuka rekening BOK atau LS yang dimaksud LS ke rekening dinkes,trimakasih

    • Administrator

      untuk bergabung ke jejaring kami silahkan masuk ke:
      http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring
      setelah masuk site tersebut, silahkan pilih menu register.
      untuk mekanisme pembayaran disarankan menggunakan LS, menggunakan rekening puskesmas.
      terimakasih

  • dinkes inhil

    kl dalam buku penyelenggaraan adm BOK yang disebut pihak ketiga siapa? krn didlm buku tsb. dana BOK puskesmas dgn mak 526511 dilakukan dgn pembayaran LS dgn pihak ketiga? apakah dibenarkan LS dana Puskesmas ke rek Bendahara pengeluaran seseuai dgn bagan 2 dalam buku tsb,mhn petunjuknya

  • Fathur

    Mana yang benar nomor MAP untuk biaya penggunaan Biaya operasional Puskesmas yang ada dalam DIPA 526115(Belanja Barang fisik lainnya untuk diserahkan untuk diserahkan kepada masyarakat)atau 526212 (Belanja Barang Penunjang Tugas Perbantuan untuk diserahkan kepada Pemerintah daerah)

    • Administrator

      dua-duanya benar. kalo 526212 sebagai ganti 521321. 526115 sebagai ganti 521411. bedanya 526115 untuk belanja fisik atau habis pakai.

      demikian. jika ada diskusi lebih lanjut mohon saudara bergabung di :
      http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring

  • srigandaujung

    kami lupa password untuk Kabupaten Pakpak Bharat…kami mohon dikirimkan kepada kami ya bu…
    tks..

    • Administrator

      ok. password sudah kami email ke alamat email saudara. mohon di cek.

  • Edy Thofiq

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Mohon penjelasan untuk transport petugas ke luar gedung & tranpsort kader apakah dikenakan pajak PPh Psl.22? karena sosialisasi dari Kantor Pajak dikenai pajak, padahal itu riil digunakan untuk biaya transport/BBM.
    Terima Kasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    • Administrator

      selamat pagi pak edy, ada beberapa daerah yang menetapkan peraturan untuk transportasi lokal yang menggunakan akun 521219 kena pajak.
      untuk diskusi lebih lanjut tentang bok, bapak bisa bergabung di http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring

  • AGUNG KURNIAWAN

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    mohon informasi password, pengisian data KIA dari kab. ngawi dikarenakan password diganti dan klupa

    • Administrator

      Password sudah kami kirim ke email bapak, terimakasih

    • Administrator

      password sudah dikirim ke email saudara. mohon dicek. terimakasih.

  • dony.

    dengan hormat,
    mohon penjelasan tentang perjalanan dinas luar gedung (kegiatan sumber dana BOK) yang tidak menginap tetapi waktunya melewati atau di luar jam kerja/kantor, selain biaya transport apakah dapat diberikan uang saku atau uang makan?
    terima kasih atas jawabannya.

  • dinkes batola

    kepada yth
    eselon I 024/03 bina gizi & kia

    dengan hormat,
    kami dinkes kabupaten batola termasuk kabupaten yang mengalami perubahan anggaran dalam kmk no 095/Menkes/sk/II/2012 ttg perubahan atas kmk no 008/Menkes/sk/I/2012. masalah kami belum dapat merevisi dipa bok sebab backup rkakl perubahan anggaran tersebut belum kami terima dan dinkes Prop Kalsel Juga belum Menerima ketika kami coba tanyakan ke Kanwil DJPBN Prop Kalsel. jawaban meraka tanyakan ke eselon I Bina gizi & kia.
    kami mengharapkan jawabannya mohon hubungi kami no HP 085246445878 kasi jamkes H.Tarmaji,SKM. wassalam

    • Administrator

      1. Memang DIPA Revisi tersebut belum jadi, masih proses di DJA Kementerian Keuangan…
      2. Kalau bapak ingin melakukan revisi DIPA, silahkan saja, TAPI SEGERA KIRIM BACKUP RKKALNYA KE KAMI JUGA. kami tunggu backup RKKAL nya besok, 24 mei 2011. SEHINGGA TIDAK TERJADI kesalahan data di kemudian hari. kirim via email : naman.depkes@gmail.com

  • Dinkes Kota Bogor

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    mohon informasi password, pengisian data KIA dari Kota Bogor dikarenakan password lupa
    Email : renlapdinkeskotabogor@yahoo.co.id

    • Administrator

      waalaikumsalam.
      oke. password sudah kami kirim ke email tersebut.
      mohon dicek.
      terimakasih.

  • Dikes Lombok Utara

    Yth. pengelola BOK
    1. Transp Perjalanan dinas untuk magang ke puskesmas lain (luar kab)
    2. Pembelian bahan untuk tanaman obat (Yantradkom).
    Bolehkah dari dana BOK?
    terimakasih.

    • Administrator

      1. untuk pertanyaan no 1 tentang magang Tidak boleh dibiayai dengan dana BOK
      2. untuk pembelian bahan tanaman obat ditujukan untuk apa?semua harus menuju ke MDG’s, bersifar promotif dan preventif.

  • dony.

    selamat pagi,
    administrator yth, kami lupa pasword dan kami mohon dikirimkan password kabupaten maluku barat daya untuk melakukan login. kami sudh mengisi alamat email tetapi muncul pesan alamat email tidak ditemukan.
    terima kasih atas bantuannya.

    • Administrator

      sudah dikirim pak.mohon dicek.

  • Imamur Rozaq

    tuk tim BOK Pusat
    mohon kejelasan perubahan akun 526115 untuk kegiatan diluara kegiatan utama BOK. karena dari KPPN BAnjarnegara Jawa Tengah hanya bisa membayarkan kegiatan 526115 yang kegiatan utama saja, utuk keg penunjang, manajemen dll harus menggunakan akun sesuai peruntukannya.
    kami mohon info solusi dari BOK Pusat, karena mendesaknya pelaksaaan kegiatan2 tsb sementara dana belum bisa dimintakan ke KPPN. trim

  • dony.

    YTH ADMINISTRATOR BOK,
    MOHON DIKIRIMKAN PASWORD UNTUK LOGIN KOMUNIKASI DATA KIA/GIZI DARI KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA KE ALAMAT EMAIL dloyra@yahoo.co.id, karena pasword kami lupa. terima kasih

  • Administrator

    password sudah kami kirim ke alamat email saudara.
    mohon dicek.

    • dony.

      administrator yth,

      terima kasih, paswordnya sudah kami terima.

  • nyoman

    Yth Administrator BOK
    Kami sudah mengirimkan laporan pelaksanaan BOK di Kab Klungkung (SPM,Lokmin, POA dan Realisasi Keuangan)vi email: bok.kemkes@yahoo.com, namun dlm laporan alokasi dan realisasi bok pusat sub prov Bali Kab klungkung masih kosong,

    • Administrator

      selamat siang,
      untuk realisasi BOK, kan klungkung sudah masuk, yang diwebsite adalah untuk periode maret. sedangkan yang terupdate blom kami publikasikan.
      untuk rekap Lokmin dan sebagainya, baru akan kami cek ke pengelola BOK pusatnya.
      untuk pengisisan rekap Lokmin PKM sebenarnya pihak kabupaten bisa melakukannya sendiri ke website ini, yaitu dengan cara login dahulu dengan username dan password yang kami akan kirimkan dengan segera ke email saudara.
      terimakasih. mohon cek email saudara.

  • dony.

    Administrator yth,

    Pemanfaatan dana pada Ruang lingkup BOK : BARANG PENUNJANG UPAYA KESEHATAN, apakah dapat dipakai untuk pemeliharaan ringan puskesmas berupa pengecatan gedung puskesmas atau penggantian atap yang bocor?
    Terima kasih atas jawabannya.

    Hormat kami..

    • keu_gikia

      Yth :
      Bpk Dony

      Dana BOK dapat dipakai untuk pemeliharaan ringan selama penggunaan tidak melebihi 10% dari alokasi yang telah ditetapkan (Mohon maaf salah ketik)

      • dony.

        terima kasih atas jawabannya, tetapi mohon konfirmasi, kalau di juknis BOK tahun 2012 dikatakan untuk barang penunjang upaya kesehatan tidak melebihi 10% dari alokasi yang ditetapkan

  • Himayanti-Kab. Limapuluh Kota, Sumbar

    Kami menanyakan tentang :
    1. Apakah memang kewenangan kadinkes untuk merubah pagu dana bok puskesmas tidak boleh melebihi pagu dana maksimal sesuai kategori pusk?puskesmas kami termasuk kategori dg dana Rp 75 juta, jika kami memberikan lebih dari Rp 75 juta sesuai dengan pertimbangan khusus apakh menyalahi ketentuan?
    2. Apabila PPK dan Ketua pengelola tidak bisa melanjutkan pekerjaan karena ybs tugas belajar, apakah bisa direvisi SK ke Pusat dengan menunjuk penggantinya?
    3. Apakah kami boleh mengadakan pertemuan di luar kabupaten kami agar pertemuan dapat diikuti pengelola puskesmas dengan disiplin?

  • Yayan

    pak kami mau tanya,, apakah kalo kader kesehatan memerlukan surat tugas dari puskesmas untuk pergi ke posyandu..?? trims

  • Yusdiani SKM

    Tolong Penjelasannya Pak :
    1. Apakah Bendahara Pengeluaran dapat mengajukan SPM-LS ke KPPN hanya 1(satu) kali untuk menarik semua sisa dana yang ada di akun 526115 ?
    2. Apakah Perjanjian kerjasama atara PPK dan Ka.Puskesmas dapat di ubah sesuai kondisi riil di lapangan ?
    Terima Kasih… (Bendahara Dinkes Konsel)

  • Dinkes Toraja

    Yth.Pengelola BOK
    Selaku Pengelola BOK, terkait pelaporan khususnya LRA, CaLK… sepertinya kita hanya dipandu oleh Aplikasi tetapi jarang yang memahami maksud dari tabel-tabel tersebut misalnya pada Neraca. OKI, mungkin perlu ada salah satu kegiatan untuk menganalisa angka-angka yang tertera pada Neraca, LRA yang akan diterjemahan ke dalam CaLK, sehingga tidak hanya mengevaluasi berapa jumlah uang yang terpakai dan berapa yang kembali.

    • keu_gikia

      Yth :
      Dinkes Toraja

      Sampai saat ini belum ada aplikasi seperti yang saudara minta, tapi mungkin anda bisa belajar kepada teman yang mengerti akuntansi atau referensi2 lain yang merujuk kepada akuntansi

  • Kab.Nagekeo

    Selamat Pagi…
    Mohon kirimkan kan kami pasword untuk user name dan pasword untuk kab. nagekeo, karena paswordnya dan user name kami lupa. terima kasih atas bantuan Bapak/ibu yang baik..
    wasalam,……..

    • Administrator

      selamat pagii

      bapak/ibu,,kami sudah mengirimkan 3 kali username dan password ke alamat email saudara.
      mohon dicek, jika tidak ada di inbox silahkan cek di spam email saudara.

      terimakasih

  • Yusniaty Budiasih

    Mudah2an Tahun 2013 TP BOK menjadi Bansos, supaya kita tidak direpotkan. Puskesmas yang nikmati kita yang di obok-obok.

    • keu_gikia

      Yth :
      Mba Yusni

      Tahun 2013 kemungkinan besar memang TP menjadi Bansos, tapi tidak boleh begitulah mba Yusni, sebaiknya kita sesama tenaga kesehatan saling membantu, karena kita dari Pusat juga tidak ingin membuat masalah dengan adanya BOK ini.

  • Yusniaty Budiasih

    Halo….
    Apa peranan Dinkes Kab/Kota, jika TP BOK jadi Bansos….
    Apakah mekanismenya seperti pada tahun 2007/2008 (klw tidak salah), PKM langsung buka rekening dan tingkat Kab./Kota hanya memantau penggunaannya.

    • keu_gikia

      Yth :
      Mba Yusni

      Mekanisme yang dipakai adalah Bansos (pada dasarnya sama dengan tahun 2007/08) namun nanti ada tata cara atau juknis yang akan menjelaskan lebih lanjut. Nanti Kab/Kota akan bertindak sebagai sekretariat yang akan memonitor pelaksanaan / kegiatan Pusk (akan dialokasikan dana untuk kesekretariatannya)

  • Reanaldy Surdin

    Melihat beberapa pertanyaan dan usul dari teman2 tersebut di atas. Sepertinya kurang ditanggapi serius….oleh Pengelola Pusat…..
    Mohon dibantu dong teman2 dalam kesulitan

  • Herlambang Setiady

    Ass.
    Selamat merayakan hari kemenangan, mohon maaf lahir dan bathin.

    Semoga hari ini, dan besok ada perubahan ke arah yang lebih baik…. bila memungkinkan bagi tenaga pengelola SAI dibekali peralatan (laptop) untuk mempercepat pengelolaan SAK/SIMAK-BMN. Selama ini kita menggunakan LT program lain dan sewaktu-waktu digunakan juga. Ada pengadaan tingkat kabupaten/kota tapi sangat terbatas. Mudah2an BOK bisa mengerti tugas kami….. apalagi sepertinya di tahun yang akan datang mulai dari perencanaan, pengelolaan, sampai pelaporan akan menggunakan 1 aplikasi (katanya bernama si-SAKTI). Sukses BOK

  • ifah

    ass…untuk kegiatan orientasi manajemen BOK di kab, materinya apa saja?

  • hasni hatta

    assalamu alaikum , sy hasni bendahara puskesmas. mau nanya petukjuk teknis BOK untuk 2013 kapan yach bisa di donwlad?

    • Administrator

      sudah bisa di download di menu BOK

  • Rakhman

    Petunjuk Teknis BOK tahun 2013 kapan mulai diterbitkan atau mulai bisa di download

    • Administrator

      sudah bisa didownload di menu BOK

  • dinkes buru

    mo tanya nih,dr dua tahun lalu alokasi dana BOK untuk puskesmas yg kami terima 1Pt untuk 9 Puskesmas,namun kenyataannya ada 10 Puskesmas.1 Puskesmas memang adalah Puskesmas hasil pemekaran dari tahun 2009,namun sampai sekarang blm mempunyai no’ register Puskesmas.pertanyaannya apakah boleh,dana bok yg kami terima tahun 2013 ini 1 paket(9puskesmas,kita bagi untuk 10 Puskesmas???ataukah yg berhak menerima hanya Puskesmas yang dah teregister di PUSDATIN??mohon penverahannya sehingga tdk terjadi masalah dlm pengelolaannya.terima kasih.

    • Administrator

      yang ada dalam DIPA yang mendapat dana.

  • Ponco HK

    Áss, juknis BOK untuk lampiran SPD apakah hanya menggunakan bagian depan saja?mohon jawabannya

    • Administrator

      ada bagian belakangnya pak,,tapi memang terlewat untuk dicetak.

  • heri junaidi, MPH

    Sehubungan dengan telah turunnya juknis BOK untuk tahun 2013 bersama ini kami sampaikan kami dari Dinas kesehatan kabupaten Mukomuko ingin menanyakan beberapa hal yaitu soal Tim Pengelola Kabupaten :
    1. Di dalam juknis di tulis bahwa untuk Ketua sekaligus merangkap PPK merupakan pejabat eselon III apakah hal tersebut merupakan keharusan? karena di juknis tidak disebutkan keharusan maka apakah boleh untuk PPK di jabat oleh eselon IV karena sebelumnya juga di pegang oleh eselon IV.
    2. Apakah Ketua sekretariat boleh berbeda orangnya dengan PPK?
    3. Mengapa tugas dan fungsi tim tekhnis tidak di sebutkan di Juknis BOK ?
    Untuk sementara itu saja yang perlu kami tanyakan mengingat waktu yang mendesak untuk kami membuat SK Bupati tentang sekretariat kami mohon bantuan dari Sekretariat Tim BOK Kemenkes dapat memberikan penjelasan. Terima kasih atas bantuannya.

    • Administrator

      Berikut kami sampaikan jawaban atas pertanyaan dari Kabupaten Muko-muko yang kami sampaikan pula melalui surat tertulis :

      Menindaklanjuti surat No 440/95/D.2/I/2013 tanggal 23 Januari 2013 perihal Petunjuk Lanjut Juknis BOK 2013, bersama ini kami sampaikan sebagai berikut :

      a. Pelaksanaan dan pengelolaan Tugas Pembantuan Bantuan Operasional Kesehatan Tahun 2013 hendaknya mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan No 59 tahun 2012 tanggal 28 Desember 2012 tentang Petunjuk Juknis Bantuan Operasional Kesehatan
      b. Kepala Dinas Kesehatan selaku penanggung jawab pengelolaan BOK Kabupaten mempunyai kewenangan untuk melakukan penyesuaian bila diperlukan dengan dasar penelaahan dan atau jastifikasi yang kuat.

  • heri junaidi, MPH

    Apakah PPK BOK harus memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa? karena sesuai dengan perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya perpres 70 tahun 2012 PPK wajib memiliki sertifikat pengadaan barang dan jasa>>> mohon penjelasannya.. terima kasih

    • Administrator

      PPK BOK tidak memerlukan sertifikat pengadaan barang dan jasa, karena tidak ada kegiatan pembelian barang yang memerlukan proses pelelangan pada BOK.

  • eko heriyanto

    ass, mau tanya pak, bagaiman tata cara revisi POK BOK tahun 2013, apakah ada form surat pemberitahuan revisi POK buat KPPN, kalau ada mohon dikirim ke alamat email saya ya pak, atas kerja sama nya diucapkan terima kasih

    • Administrator

      Tidak ada format baku mengenai form surat pemberitahuan revisi POK ke KPPN. Hal ini disesuaikan dengan redaksional masing-masing, namun hal yang harus ada adalah kata-kata berikut ini : “Alokasi dana semula …. diubah menjadi …..”

  • Basuki Kartono

    SK Menkes ttg alokasi BOK 2013 mohon bisa diupload, trims

    • Administrator

      mohon maaf untuk sementara SK alokasi BOK belum bisa diupload.

  • Basuki Kartono

    Kepada admin mohon jawaban bpk Heri Junaedi dpt dimuat dlm forum diskusi ini agar yang lain jg dpt membacanya, pertanyaan yg hampir sama : apakah memang ketua sekretariat dan PPK BOK WAJIB sama personilnya/dirangkap oleh eselon 3, di tempat kami ketua sekretariat oleh sekretaris dinas sedangkan ppk oleh non eselon, lalu bagaimana dg honorya krn pd RKAKL honor PPK di honor operasional satker sdgkan Ketua di honor output kegiatan. Mohon penjelasan terkait perbedaan pada Juknis Tim Pengelola BOK Kab terdiri atas penanggungjwb, sekretariat dan tim teknis, sedangkan dalam RKAKL honorarium BOK terdiri atas honor operasional satker dan honor output kegiatan.

    • Administrator

      untuk pertanyaan dari bpk Heri Junaedi sudah kami muat pak,, silahkan di cek diatas.

  • endang puspasari

    ass.pak mau tanya kapan revisi bok tahun 2013 bisa dilaksanakan?????

  • imamur rozaq

    yth Satker BOK Pusat
    Mau tanya kalau dana BOK Puskesamas digunakan untuk membeli aplikasi pembukuan BOK boleh ndak ya….

  • Dinkes Maros

    Ass. Pengelola Bok pusat
    bagaiman mekanisme revisi dipa dengan merubah nilai output namun nilai pagu tetap Revisi Putih ).

  • heri junaidi, MPH

    Ass. Pengelola BOK Pusat
    Sehubungan dengan DIPA propinsi bengkulu hanya keluar dua mata rekening kapan kami bisa revisi kmrn sdh kami titip pesan sama orang propinsi utk tolong ditanyakan pada waktu pertemuan katanya dijawab dari pusat tunggu pmk dari menkeu dahulu. Kapan PMK tersebut keluar? dan tolong kepada pengelola BOK pusat untuk dapat mengikutsertakan kami dari kabupaten untuk pertemuan di pusat karena banyak yang ingin kami tanyakan sedangkan jika kami bertanya kepada propinsi mereka juga nggak tahu dan menunggu konfirmasi dari pusat lagi artinya terlalu lama bagi kami di kabupaten untuk mendapat jawabannya… sedangkan yang langsung melaksanakan dan memiliki wilayah adalah kami sehingga segala kendala di lapangan hanya kamilah yang merasakan. surat balasan sampai saat ini belum kami terima hal ini perlu bagi kami untuk pegangan jika pemeriksaan nanti.terima kasih semoga dapat menjadi perhatian.

  • Sekretariat BOK

    Mengenai revisi 2013, dapat dilihat pada PMK Nomor 32/PMK.02/2013 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2013 (file dapat dicari dan diunduh pada website http://www.gizikia.depkes.go.id). Untuk pengajuan revisi dapat langsung diajukan ke kanwil DJPB setempat. Terima kasih.

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth
    Bpk. Imamur Rozaq

    Pemanfaatan dana BOK di Puskesmas harus sesuai dengan yang tertera pada Juknis BOK 2013, yakni antara lain untuk Transport Lokal, Perjalanan Dinas, dan Pembelian/Belanja Barang. Diluar itu TIDAK BOLEH. Terima kasih.

  • Rhmt

    mohon dijelaskan bagaimana penggunaan laporan riil untuk biaya transport yang sudah ditetapkan SK Kepala dinas dengan SPTJM.
    apakah semua pertanggungjawaban perlu pakai laporan riil atau hanya yang tanpa bukti apapun baru ditambahkan laporan riil ? mohon pencerahan admin. trims

  • irwan

    Salam sehat dari langsa
    kami mau nanyak, kenapa rkakl nya rusak bagaiman kami perbaiki?krn banyak akun

  • sekretariatbok

    Kepada Yth
    Bp. Rhmt

    Untuk transport lokal tidak diperlukan adanya pernyataan riil. Bukti transport lokal dapat ditulis di kuitansi pengeluaran yang besarannya sesuai dari SK Kepala Dinas yang sudah ditetapkan.
    Pernyataan riil hanya digunakan untuk Perjalan Dinas Lainnya (524119), untuk menggantikan biaya transport yang tidak dapat diperoleh bukti-bukti pengeluarannya.

    Semoga dapat membantu, terima kasih.
    Salam, Sekretariat BOK

  • dr.rakhmawati_setabu

    Mau tanya neh pak…
    1. Kami pkm setabu masuk dalam 101 pkm dtpk, bgmn mekanisme penambahan dana 100jt rupiah…
    2. Bagaimana mekanisme pemberian uang harian perjalanan dinas, misalnya petugas kami melakukan perjalanan ke daerah yang sulit yang tidak memiliki pelayanan posyandu di daerah tersebut, karena menurut juknis bok 2013, biaya uang harian perjalanan dinasnya adalah 75% dari satuan biaya perjalanan dinas dalam kota, (kaltim. Rp.430.000). AKAN tetapi menurut keterangan yang diberikan oleh pihak dinas kabupaten kami, biaya uang harian perjalanan dinasnya menggunakan kolom full day yaitu sebesar Rp.105.000,00 untuk wilayah kaltim sesuai standar biaya umum.. mohon penjelasannya pak, krn pada saat sosialisasi juknis dari pihak dinkes provinsi kami berbeda dgn keterangan dr pihak dinas kabupaten…

  • djumrat

    Pak………
    tolong password DIPA/RKA-KL untuk kabupaten Buton dlm rangka revisi anggaran

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth
    dr. Rakhmawati
    Puskesmas Setabu
    Kab. Nunukan, Kalimantan Timur

    Terima kasih atas pertanyaannya.
    - Mengenai penambahan dana 100 juta untuk 101 Puskesmas DTPK, diberikan diluar alokasi dana yang sudah ditetapkan pada SK Alokasi Dana Puskesmas oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Nunukan.
    - Mengenai perjalanan dinas petugas kesehatan ke daerah sulit yang memerlukan perjalanan lebih dari 8 jam dan bisa ditempuh dengan pulang pergi tanpa menginap, dapat dibayarkan biaya transport lokal dan uang harian sebesar 75% dari satuan biaya uang harian perjalanan dinas dalam negeri per harinya (seperti yang tertera pada Juknis halaman 39-40).

    Semoga dapat membantu, terima kasih.
    Salam, Sekretariat BOK

  • Lenny Syahnimar

    Yth. Adm BOK..paket meeting yang merupakan anggaran untuk konsumsi dan sewa tempat pertemuan dlm 1 paket (akun 521219), dikenakan pajak apa saja ya ? ini di luar uang saku dan transport peserta..mohon bantuannya, supaya kami tidak salah mengeluarkan pajak.. terima kasih

  • Basuki Kab Tasik

    Yth. Adm BOK : Dalam Juknis BOK hal 61 bahwa Pembelian makanan minuman dari restoran,
    rumah makan, warung dan sejenisnya tidak
    dikenai PPN. Apabila pembeliannya > 1 juta apakah tetap tdk dikenai pajak ? Trims

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth

    Ibu Lenny Syahnimar

    Mengenai akun 521219 untuk peruntukan seperti biaya paket meeting berupa konsumsi dan tempat pertemuan, tidak dikenakan pajak. Pajak dibayarkan oleh pihak hotel langsung.

    Semoga dapat membantu, terima kasih.

    Salam, Sekretariat BOK.

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth
    Bpk. Basuki
    Kabupaten Tasikmalaya

    Untuk pembelian atau belanja barang diatas Rp.1.000.000,- tetap dikenakan pajak PPN sebesar 10% dan untuk pembelian atau belanja barang diatas Rp.2.000.000 dkenakan pajak PPN 10% dan PPh ps 22 sebesar 15%.

    Semoga dapat membantu, terima kasih.
    Salam, Sekretariat BOK.

  • Eka rosita Hamid

    Numpang Tanya, utk kegiatan pelayanan(kurang dari 8 jam) or rapat,apakah dibolehkn pmberian uang saku? Atau hanya uang transport saja?

  • esamh

    pak bisa nggk saya minta contoh format surat tugas, lhp, kwitaansi kelengkapan untuk mencairkan dana bok 2013, terima kasih sebelumnya

  • Farhan Arroni

    Yth. Sekretariat BOK, Menanggapi dari pertanyaan Bapak Basuki dari Tasikmalaya td kami bingung dengan isi Juknis tentang pembelian makanan minuman dari restoran, rumah makan, warung dan sejenisnya tidak dikenakan PPN, kalau memang ada batasan2 nilai yg harus dikenakan PPN seharusnya di JUKNIS jangan dibunyikan demikian agar tidak menjadi penafsiran yang salah.

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth
    Eka Rosita Hamid

    Untuk kegiatan pelayanan atau pertemuan kurang dari 8 (delapan) jam hanya diberikan transport lokal saja.

    Terima kasih, semoga dapat membantu.
    Salam, Sekretariat BOK

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth
    Esamh

    Dengan mekanisme LS, dana akan masuk langsung ke rekening Puskesmas. Adapun persyaratan untuk pencairan dana BOK ke Puskesmas, dapat dilihat pada buku Juknis BOK 2013 halaman 54, di dalamnya terdapat beberapa kelengkapan yang harus dilengkapi.
    Beberapa contoh format seperti surat tugas, kuitansi, dan lain sebagainya dapat dilihat pada bagian Lampiran buku Juknis BOK 2013.

    Terima kasih, semoga dapat membantu.
    Salam, Sekretariat BOK

  • Sekretariat BOK

    Kepada Yth
    Bpk. Farhan Arroni

    Baik, terima kasih atas tanggapannya.

    Salam, Sekretariat BOK

  • makpin

    Yth. Sekretariat BOK. Kami Kota Baubau telah menyusun perencanaan anggaran BOK 2014 di Propinsi Sultra, namun data dari Kemenkes Jumlah pagunya masih sama dengan Tahun 2013 ternyata Puskesmas untuk Kota Baubau masih 16 Puskesmas yang seharusnya sudah 17 Puskesmas. padahal Kami sudah menerima surat fax dari Pusat Data dan Informasi Kemenkes No.14.02.01/2/0047/2013 tanggal 8 Januari 2013 tentang Registrasi Puskesmas, dan Pusk. Sulaa mendapat registrasi No. P7472010203 sesuai SK walikota Baubau No. 445/081/DKS/2012 Tanggal 21 Mei 2012. untuk itu mohon Puskesmas Sulaa dianggarkan dalam BOK Tahun 2014. Trima kasih.

  • muja

    Ass. 1. mohon penjelasan tentang surat perjanjian kerjasama antara dinkes kab dgn puskesmas,apabila ada terjadi pergantian kepala dinas atau pimpinan puskesmas Apakah surat perjanjian kerjasama tersebut harus dibuat yg baru ataukah tetap yg pakai yg lama????… 2. jika pimpinan puskesmas yg diundang pada pertemuan BOK siapakah yg menandatangani Surat Tugas dan SPPD nya ???? karena sepengetahuan saya yg menandatangani Surat Tugas dan SPPD adalah pimpinan yang lebih tinggi

  • Eka Rosita Hamid

    KEPADA, YTH
    Admin BOK
    Bersangkutan dengan spj kegiatan Bok untuk kegiatan pertemuan misalnya pembinaan bidan pustu, pembinaan (kemitraan dukun) atau pembinaan kader. sebenarnya bagaimana juknisnya? Di kab.kami pada laporan kegiatan semua peserta yg diundang ( bidan pustu, kader atau dukun ) membuat laporan hasil kegiatan masing masing, apakah tidak bisa jika yg pengelola kegiatan saja yg membuat hasil kegiatan? dan surat tugas untuk kader dan dukun apa harus dibuat oleh kepala desa, Apakah bisa oleh kepala puskesmas?
    mohon penjelasannya, terimakasih

  • imamur rozaq

    bagi yang berminat software pembukuan BOK Puskesmas silakan, hubungi saya di 085291713754. sekali input transaksi, bisa cetak BKU, Buku Kas Tunai, Buku Bantu Pajak, SPTB. Lebih akurat daripada membuat manual dengan excel.

  • imamur rozaq

    bagi yang berminat software pembukuan BOK Kabupaten silakan, hubungi saya di 085291713754. sekali input transaksi, bisa cetak BKU, Buku Kas Tunai, Buku Bantu Pajak, Buku Kas Bank,Buku Bantu UP,Buku Bantu UM Perjadin,Buku Bantu LS,Buku Pengawasan anggara, LPJ,BA Pemeriks Kas dan Rekon.

  • Didy Ariady, SKM,M.Kes

    Berdasarkan cakupan per 30 agustus cakupan BOK di Kalsel (Kabupaten/Kota, Puskesmas & Provinsi) baru mencapai 43,8 % (sudah diaudit oleh BPKP Kalsel) mudah2an sampai akhir Oktober nanti meningkat lagi lebih dari 60 %, insyaallah manajemen BOK Provinsi akan melakukaan pertemuan pembinaan & evaluasi BOK untuk Puskesmas & Pengelola BOK di Kab

  • mash mualim

    gimana dengan drafft Juknis BOK 2014, apakah sama atau ada revisi pd tahun 2013 ini…

  • contoh surat

    izin nyimak aja gan ya

  • Sri Mulyani

    Biasanya hari hari gini DIPA BOK sdh turun dan Juknis BOK sudah di upload. ini kok belum ada kabarnya sama sekali ya…

  • dinkes babar

    Juknis BOK 2014 belum ada ya?

    • Administrator

      mohon maaf, juknis BOK masih diproses

  • TP BOK SATKER PASAMAN UTARA

    mohon segera diterbitkan juknis bok 2014 supaya kegiatan di awal tahun ini bisa langsung dilaksanakan setelah adanya LS

    • Administrator

      juknis BOK masih diproses.

  • sri setyo

    sebentar lagi mulai dibuat POA utk BOK thn 2014 kira2 sistem msh mengacu seperti 2013 ato tdk ?

  • RONAL HUSAIN

    JUKNIS BOK 2014 HARUS SEGERA DITERBITKAN… JANGAN SALAH KAMI JIKA REALISASI PADA TAHUN 2014 RENDAH…

    • Administrator

      mohon maaf pak, juknis BOk masih dalam proses.

  • Agusfardin, SKM

    Jadwal kpertemuan konsolidasinya kapan ya

  • tutut widiastuti

    Kira-kira proses juknis BOK 2014 selesainya kapan ya? apa bisa bulan januari ini ? Karena kami kan harus segera menyusun POA. trimakasih

    • Administrator

      Juknis BOK tahun 2014 masih dalam proses. untuk substansi teknis nya tidak jauh berbeda dengan tahun 2013. yang membedakan hanya bab tentang keuangan yang harus menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan.

  • Emi, DKK Wonosobo

    Sudah tanggal 7 Januari… Kapan Juknisnya keluar? Kita sudah siap untuk kerja tahun 2014.

    • Administrator

      Juknis BOK tahun 2014 masih dalam proses. untuk substansi teknis nya tidak jauh berbeda dengan tahun 2013. yang membedakan hanya bab tentang keuangan yang harus menyesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan.

  • Jamaluddin,S.Sos

    yth, bapak ibu pengelola BOK kemenkes ri
    Apa juknis BOK tahun 2014 sudah terbit, dan apa suda bisa di donwload,? trimks

    Jaamaludin,S.Sos
    pengelola BOK Dinkes Bengkulu Tengah

    • Administrator

      Selamat Pagi.
      Juknis BOK masih dalam tahap penyelesaian, sehingga belom bisa di upload.

  • Jamaludin,S.Sos

    Ass,yth sekre BOK Pusat
    1. sehubungan dg DPA BOK 2014 sudah terbit,tapi jukni BOK 2014 belum terbit maka kami masih belum dapat/bingung utk melaksanakan kegiatan BOK 2014, utk itu bila nantinya realisasi rendah harap maklum
    2. transpor kader utk kegiatan di posyandu apa boleh dimasukkan dlm alokasi BOK 2014.?
    3. apa benar wacana dana BOK terakhir hanya
    utk th 2014,?
    trimks,,

    • Administrator

      Yth Bapak Jamaludin, S.Sos
      berikut kami informasikan atas pertanyaan yang bapak ajukan :
      1. Juknis BOK saat ini masih dalam tahap finalisasi di tingkat pimpinan
      2. Untuk sementara menunggu disahkannya juknis BOK 2014, sehingga kami belum dapat menginformasikan kepada bapak/ibu
      3. BOK sampai dengan saat ini yang tercantum dalam RPJMN 2010-2014, selanjutnya kami menunggu kebijakan pimpinan untuk kelangsungan BOK.
      demikian terimakasih

  • eko heriyanto

    kepada yth pengelola BOK Ditjen Bina Gizi dan KIA, kenapa di DIPA BOK yang kami terima pada halaman IV.1 dan IV.2 setiap akun nya tidak dapat dicairkan disposisi : alokasi masih memerlukan persetujuan DPR RI, itu bagaimana maksudnya apakah ada kemumgkinan DIPA BOK nya batal kalau tidak disetujui DPR RI, terima kasih saya dari satker 119314 Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, terima kasih

    • Administrator

      Yth Bapak Eko, berikut kami sampaiakan beberapa hal terkait pertanyaan yang bapak ajukan :
      1. Kondisi saat ini DIPA seluruh kemenkes masih ada catatan di hal 4 DIPA, sehingga anggaran tidak bisa dicairkan.
      2. untuk menghilangkan catatan tersebut harus ada persetujuan komisi IX DPR RI
      3. Hingga saat ini belum ada persetujuan
      4. Mudah-mudahan awal februari sudah ada persetujuan
      5.Kemungkinan DIPA BOK dibatalkan kecil sekali, berdasarkan informasi yang kami peroleh hanya tinggal 1 orang pimpinan komisi yang belom ttd.
      demikian, terimakasih

  • Jamaludin,S.Sos

    Kepala Dinas Kesehatan selaku penanggung jawab pengelolaan BOK Kabupaten mempunyai kewenangan untuk melakukan penyesuaian bila diperlukan dengan dasar penelaahan dan atau jastifikasi yang kuat.
    1. Jastifikasi yang dimaksud contohnya seperti apa? dan bentuknya bagaimna?
    2. kalau mengacu pada juknis bok 2013 PPK bok eselon III merangkap ketua satker BOK ( apakah harus?) alasanya apa?, Apakah penunjukan PPK bok boleh eselon IV? sedangkan ketua satker eselon III.
    2. bila PPK bok yang belum ada sertifikasi pengadaan barang dan jasa? padajawaban administrator: dibolehkan jadi PPK bok(karena sesuai dengan perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya perpres 70 tahun 2012), memang kegiatan bok tidak ada belanja pengadaan barang jasa. Maka penguatan dasar hukum dan acuan yang pasti apa +,?
    Atas penjelasan & bantuanya, terimakasih.

  • Anida

    Gmn nh kegiatan BOK 2014 qt belm Laksanakan padahal udh bulan k 2,, sll ada az kendala nya d penyusunan POA nya

  • Contoh Surat

    Sangat Bermanfaat Sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pencarian

Aplikasi

BOK

Dokumentasi Kegiatan

Link to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi Kegiatan

Referensi

Jumlah Pengunjung

Ganti ke versi mobile