Langkah-langkah Pelaksanaan BOK tahun 2012

Oleh : pada 21 February 2012

Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA Nomor HK.02.03/Bl.1/379 tahun 2012 tentang Langkah-langkah Pelaksanaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun 2012, ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia ( Download )


15 tanggapan pada “Langkah-langkah Pelaksanaan BOK tahun 2012

  • yussi

    BOK, lanjutkan

  • Gede Aryana

    Pelaksanaan BOK di daerah terkendala pd satuan biaya transport lokal yg merupakan sebagian bear kegiatan yg dilaksanakan di puskesmas! kami sbg pengelola BOK di dinas kesehatan kabupaten sulit memutuskan antara membuatkan SK Bupati utk standar biaya transport lokal tersebut ataukah menggunakan besaran satuan biaya sesuai kebutuhan real/ at cost atau mengacu pd POA yg ditandatangani KPA dan membuat SPTJM…!!!!
    Kami sangat mengharapkan semua masukan2, terimakasih!

    • Administrator

      besaran satuan biaya pemanfaatan dana BOK mengacu pada standard biaya tahun 2012 dan apabila tidak ada didalam standarbiaya maka dapat menggunakan:
      1. besaran satuan biaya sesuai dengan kebutuhan riil (at cost) atau
      2. Mengacu pada POA yang ditandatangani KPA dan membuat surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM)
      (sumber tata cara penyelenggaraan administrasi keuangan BOK tahun 2012) hal 40

      untuk diskusi lbih lanjut tentang bOK bisa bergabubg di http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring

      • Puskesmas Sungai Ayak

        Untuk tahun 2012, beberapa biaya ke lapangan terpaksa tidak kami klaim dikarenakan antara membuat spj dengan pengeluaran tidak sebanding. Maksudnya, biaya yang dikeluarkan hanya 10 ribu rupiah, namun spj-nya ribet. Jadi, ya…. dari pada buat SPJ, biarlah merelakan 10 ribu rupiah buat ongkos ke lapangan, walaupun jika ditotal dalam setahun bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan. Tak apalah, kami yang di ujung tombak akhirnya menjadi ujung tombok juga. Kami yang sudah berhemat untuk biaya perjalanan, harus menghemat lagi hingga akhirnya keluar ongkos sendiri demi melaksanakan tugas dari atasan… itulah nasib pegawai rendahan di kampung-kampung.

  • I KETUT JAYA

    Dikes KLU merasa pelaksanaan BOK 2012 agak ringan karena sudah ada pengalaman pengelolaan BOK 2011.

  • Rosmayadi

    Kami di Puskesmas Kuripan Kab. Lobar, beberapa waktu yang lalu sudah mendapatkan sosialisasi BOK tahun 2012 dari Dinas Kesehatan Kabupaten salah satunya tentang tata cara penyelenggaraan keuangan BOK tahun 2012. Berdasarkan informasi yang disampaikan bahwa “Transport kegiatan di luar gedung oleh puskesmas ditambahkan pertanggung-jawabannya berupa daftar pengeluaran riil” Apakah betul seperti itu…?, karena menurut tim yang melakukan sosialisasi, hal tersebut disampikan oleh narasumber pusat yang melakukan sosialisai di tingkat propinsi. Padahal sudah jelas-jelas di dalam buku Tata Cara Penyelenggaraan Keuangan BOK Tahun 2012 pada halaman 37 tertulis :
    2) Transport kegiatan di luar gedung
    Transport petugas kesehatan yang bersifat promotif dan preventif ke luar gedung (tidak menginap)bentuk pertanggung-jawabannya berupa:
    (a) Kuitansi
    (b) Surat tugas untuk kegiatan tidak menginap (lampiran 2)
    (c) Laporan pelaksanaan tugas (lampiran 11)

    Atau mungkin…, apakah ada revisi terhadap buku tersebut?.
    Terima kasih atas jawabannya !

  • Jefri

    YTH. Pengelola BOK
    Dalam Junis BOK 2012 pemanfaatan dana BOK tidak boleh untuk pemeliharaan Kendaraan sedang/berat, apakah ini berarti bahwa pemeliharaan kendaraan ringan dibolehkan, dan apa saja yang kegiatan untuk pemeliharaan kendaraan ringan tersebut apakah termasuk ganti oli, busi dll. mohon penjelasan. terima kasih

  • Midayani

    Yth, Pengelola BOK

    1. Apakah dalam membuat pertanggung jawaban transpor kegiatan luar gedung harus menggunakan daftar pengeluaran riil??? hal ini sangat memberatkan karena untuk biaya transpor yang sangat kecil pertanggung jawabanya banyak lampiran…..
    2. Dalam Buku manajemen Keuangan dijelaskan bahwa puskesmas membuat Buku Kas Tunai, apakah Buku Bank tidak diperlukan???Puskesmas di wilayah kami untuk tahun 2012 membuka rekening sendiri…dalam print out rekening giro ada biaya administrasi yang melebihi bunga bank….mohon penjelasan. terima kasih

    • Administrator

      1. ya untuk transportasi jika tidak ada bukti harus menggunakan pernyataan riil.
      2. untuk PKMmenggunakan BKU.

      untuk diskusi mengenai BOK lebih lanjut, nohon saudara bergabung di forum ; http://www.gizikia.depkes.go.id/jejaring.
      terimakasih

  • imamur rozaq

    mohon tindak lanjut lebih cepat dari TIM BOK Pusat, ada kasus di KPPN kabupaten banjarnegara bahwa kegiatan BOK Pusk yg boleh memakai rekening 526115 hanya kegiatan Upaya Kesehatan di Puskesmas sementara keg penunjang Upy Kes , Manajmn Pusk dan Barang penunjang Upy Kes akun menyesuaikan peruntukannya

    • Administrator

      iya pak, untuk konsultasi lebih lanjut isa menghubungi nomor telepon yang telah kami kirim ke alamat email bapak. mohon di cek terimakasih.

  • Samsul

    Kpd yth Pengelola admin khusus BOK,,,
    Mohon dijelaskan,,
    1. transport magang petugas ke salah satu Puskesmas di luar Kab.
    2. Pengadaan/pembelian bahan untuk tanaman obat keluarga
    Apakah diperbolehkan dari dana BOK?
    terimakasih.
    Untuk jejaring komunikasi belum tersosialisasi ke pengelola Kab/kota sehingga agak lama mendapat respon baik dari admin maupun temen-temen pengelola jejaring.
    terimakasih.

  • Rahmaisa

    Kapan ya pemanggilan sosialisasi per regional akan datang?^_^

  • Marahadiya

    kegiatan penyuluhan, pertemuan bidan, pertemuan kader apakah laporan hasil kegiatan menggunakan lampiran 11 atau 12? karena untuk membuat sk pelaksana siapa yang membuat? kepala puskesmas atau dinas kesehatan kabupaten.

  • Rifal

    Lembata oh Lembata,
    ngomong2 soal dana BOK TA. 2012 Kabupaten laen udah jalan mau batas Finish eh…. elo malah baru mulai jalan
    kasihan deh lo….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pencarian

Aplikasi

BOK

Dokumentasi Kegiatan

Link to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi Kegiatan

Referensi

Jumlah Pengunjung

Ganti ke versi mobile