Juknis Jampersal 2012 Telah Terbit

Oleh : pada 11 January 2012

Pada tanggal 27 Desember 2011, Menteri Kesehatan telah menandatangani Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 2562/Menkes/Per/XII/2011 tentang Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan.

Dengan demikian secara resmi Petunjuk Teknis Jaminan Persalinan (Juknis Jampersal) Tahun 2012 telah diterbitkan dan kegiatan Jampersal telah siap dilaksanakan per 1 Januari 2012. (file Juknis Jampersal 2012 dapat diunduh pada website ini pada menu Download).

Secara umum ketentuan dan skema Jampersal pada tahun 2012 tidak jauh berbeda dengan tahun 2011. Beberapa hal yang menjadi catatan pada pelaksanaan Jampersal tahun 2011 menjadi perhatian dan telah diupayakan untuk dilakukan pembenahan.

Terdapat beberapa pembenahan pada skema Jampersal tahun 2012 ini, di antaranya:

- Perluasan pelayanan kesehatan yang dijamin
- Peningkatan besaran tarif pelayanan yang ditanggung
- Pembenahan pada pengorganisasian di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota
- Pembenahan mekanisme pengelolaan keuangan/dana Jampersal baik di tingkat dasar maupun tingkat lanjutan

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa Jampersal merupakan paket pelayanan termasuk di dalamnya pelayanan KB pasca persalinan. Sehingga setiap pasien penerima manfaat Jampersal, setelah melahirkan harus mengikuti program KB pasca persalinan. Dengan demikian, program Jampersal ini akan sejalan dengan program KB.

Dengan dukungan Jampersal diharapkan makin mengurangi hambatan finansial (financial barrier) yang dihadapi masyarakat yang selama ini tidak memiliki jaminan pembiayaan persalinan, agar mereka dapat mengakses pelayanan kesehatan ibu yang berkualitas, dalam upaya percepatan penurunan Angka Kematian Ibu di Indonesia. (Dit Bina Kes Ibu)


Kategori : Halaman Berita

13 tanggapan pada “Juknis Jampersal 2012 Telah Terbit

  • may

    seiring dg KB?
    lalu gmn qlo jampersal d BPS?
    kan skrg KB bkn jd wewenang bidan lg ..

    • kesibu

      Yth Ibu May,
      BPS yang bermitra dgn Jampersal termasuk kategori Bidan yang menjalankan program Pemerintah. Dengan demikian, sesuai Permenkes 1464 Th 2010 ttg Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan, BPS tsb diberikan kewenangan tambahan, termasuk untuk memberikan pelayanan KB suntik, IUD/AKDR, dan implan. Tks. (Dit Bina Kesehatan Ibu)

  • agung

    Kami dari Kab. Lumajang ingin menanyakan tentang, apabila BPS yang bermitra dgn Jampersal termasuk kategori Bidan yang menjalankan program Pemerintah, sesuai Permenkes 1464 Th 2010 ttg Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan, BPS tsb diberikan kewenangan tambahan, termasuk untuk memberikan pelayanan KB suntik, IUD/AKDR, dan implan. Akan tetapi di dalam JUKNIS (Dalam PKS (perjanjian kerjasama) Tarif untuk pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca salin, hanya 80 ribu rupiah. Bagaimana dengan pelayanan KB nya? Karena yang 80 Ribu hanya tarif untuk pelayanan nifasnya saja. Mohon Tanggapannya terkait untuk penyususnan perjanjian kerjasama di Kabupaten. TErimakasih sebelumnya…..

  • dwi

    Saya bertugas dirumah sakit yg jg menerima dan menolong parsalinan dgn jampersal.bagaiman dgn pengklaiman biaya?apakah semua disetor ke kesda atw kembali ke RUmah sakit.
    Terima kasih

  • herlien agustina

    cara mendaftar untuk dapat jampersal gimana caranya,syarat apa saja?
    trus jampersal bisa digunakan di rumah sakit ato di bidan?

    Makasih

  • prapty

    makasih infonya sangat membantu.

  • Velanti Mengko

    Setuju… Kebijakan Jampersal harus diiringi dengan kebijakan mengenai keluarga berencana… apabila jampersal tidak diiringi KB, maka jumlah peningkatan penduduk akan semakin banyak, yang mengakibatkan melonjaknya kembali harga pelayanan kesehatan.

  • ida

    untuk wilayah bojonegoro jawatimur.
    sebagai tenaga kesehatan unag Klaim jampersal sedah 4 bulan tidak keluar…Bagaimana ini ??????/

  • diah

    bapak/ibu dirjen yang terhormat..sudah 5 bulan dana jampersal di tempat kami kabupaten nganjuk belum turun sudilah kiranya dinkes pusat/provinsi mengadakan pelatihan/workshop yang dikuti oleh bendahara UPTD dan beberapa perwakilan bendahara untuk meng SPJ kan pencairan jampersal ini dikarenakan permintaan berkas SPJ untuk pencairan jampersal selalu berubah-ubah sehingga kami merasa dipersulit dan dipermainkan. kami rasa tidak hanya kabupaten nganjuk yang merasa demikian….kasian bpk/ibu ada bidan PTT yang mengandalkan dana jampersal untukpersiapan persalinannya sendiri di bulan mei ini akan tetapi hingga saat ini belum cair….ironis..

  • ela

    masyrakat sudah mkin paham tentang persalinan gratis tapi ironisnya dana jam persal udah 7 blan tdak cair untuk daerah bangkalan jatim,kami harus putar otak untuk biaya2 persalinan selanjutnya.ironisnya lagi kami hanya bidan sukwan,gmn jalan keluarnya?

  • Tawung

    Kami petugas kamar operasi di rumah sakit…sudah ratusan pasien jampersal di operasi…mungkin dah ribuan,,,tp kami baru sekali dapat kecipratan dana jampersal…200 ribu…siang malam kerja…taruhan nyawa pasien,,,tp ga di hargai sama sekali…dokter spog selama 6 bulan sc dah ratusan pasien cuma dapat jasa medis dari jampersal 3 juta,,,alasan nya ini program pengabdian…edyyyannn…kemenkes buat program ga mutu..mending bidan bolong partus 6 pasien sana dengan dokter spog sc ratusan pasien…ironisss…program harus ditinjau ulang,,Anda dapat nama baik,,tp jgn sengsara kian kami yg di rumah sakit,,bidan rumah sakit,petugas kamar operasi RSUD,dan dokter spog…..

  • yulis

    yap, setuju menkes, direktur rs jangan cari muka doang, dengan program jampersal ini kami petugas ok, bidan dan spog jg manusia biasa, yang punya keluarga dan butuh makan, kami lembur siang, malam jika km yg sakit, siapo yg peduli

  • web page optimization

    Saya suka informasi berharga Anda dapat menawarkan untuk artikel Anda. Saya bisa bookmark weblog Anda dan fitur anak-anak saya uji sampai di sini umumnya. Saya sedikit positif mereka akan diberitahu cukup banyak hal baru di sini daripada orang lain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pencarian

Aplikasi

BOK

Dokumentasi Kegiatan

Link to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi KegiatanLink to Dokumentasi Kegiatan

Referensi

Jumlah Pengunjung

Ganti ke versi mobile